Home » , » KI KD Mata Pelajaran Keagamaan sesuai KMA 183 Tahun 2019

KI KD Mata Pelajaran Keagamaan sesuai KMA 183 Tahun 2019

 KI KD Mata Pelajaran Keagamaan pada Madrasah



Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD) merupakan pedoman bagi guru untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. 

A. Kompetensi Inti 
  1. Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. 
  2. Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda.
  3. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
B. Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD) yang berlaku untuk tahun pelajaran 2021/2022 yaitu KI KD yang tercantum dalam KMA 183 Tahun 2019. KI KD untuk setiap mata pelajaran keagamaan pada Madrasah Aliyah dapat dilihat pada link gambar di bawah ini:






Demikianlah KI KD Mata Pelajaran Keagamaan Madrasah berdasarkan KMA 183 Tahun 2019. 

Semoga Bermanfaat!

0 comments:

Posting Komentar

DONASI VIA OVO Bantu berikan donasi terbaik Anda untuk pengembangan Pendidikan di MA Karya Bakti Sukasari. Terima kasih.
DONASI VIA Gopay Bantu berikan donasi terbaik Anda untuk pengembangan Pendidikan di MA Karya Bakti Sukasari. Terima kasih.

Link Penting

Post Terbaru