Home » » Keutamaan Melaksanakan Ibadah Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

Keutamaan Melaksanakan Ibadah Puasa Arafah 9 Dzulhijjah

 



Bulan Dzulhijjah merupakan Bulan ke 12 dalam penanggalan Hijriah. Bulan Dzulhijjah menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia karena pada bulan ini diperintahkan untuk menunaikan ibadah haji bila mampu dan menyembelih hewan kurban setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Ibadah lain yang dapat dilaksanakan oleh seluruh umat Muslim yaitu Puasa Arafah. Puasa Arafah dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa Arafah memiliki keutamaan yang begitu besar. Oleh karenanya para ulama memasukan Puasa Arafah ini ke dalam Puasa Sunnah yang sangat dianjurkan (muakkad). Rasulullah saw. bersabda dalam riwayat Muslim:
 

Mayoritas ulama bersepakat bahwa dosa yang dapat dihapus oleh amalan puasa hari Arafah 9 Dzulhijjah ini adalah dosa kecil. Imam An-Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim-nya menjelaskan sebagai berikut:


0 comments:

Posting Komentar

DONASI VIA OVO Bantu berikan donasi terbaik Anda untuk pengembangan Pendidikan di MA Karya Bakti Sukasari. Terima kasih.
DONASI VIA Gopay Bantu berikan donasi terbaik Anda untuk pengembangan Pendidikan di MA Karya Bakti Sukasari. Terima kasih.

Link Penting

Post Terbaru